Langsung ke konten utama

Keutamaan ibadah di bulan Dzulhijjah

KEUTAMAAN IBADAH DI BULAN DZULHIJAH
Oleh : Ani Muzayaroh, S Ag.
Tak terasa kita sudah memasuki bulan dzulhijah, bulan mulia yang memiliki keaguangan ibadah, bagi seorang muslim yang memiliki iman dan taqwa kepada Allah tentu tidak akan melewatkan bulan ini tanpa amal sholeh. Karena amal ibadah yang dikerjakan di bulan ini akan di beri pahala yang berlipat,sedangkan apabila beramal buruk pun dosanya akan dilipat gandakan, di antara keistimewaan bulan dzulhijjah adalah :
            1)Keistimewaan yang pertama adalah bahwa bulan ini termasuk diantara bulan haram, sebagaimana yang terdapat dalam Q.S At-taubah ayat 36.
¨bÎ) no£Ïã Íqåk9$# yZÏã «!$# $oYøO$# uŽ|³tã #\öky­ Îû É=»tFÅ2 «!$# tPöqtƒ t,n=y{ ÏNºuq»yJ¡¡9$# šßöF{$#ur !$pk÷]ÏB îpyèt/ör& ×Pããm 4 šÏ9ºsŒ ßûïÏe$!$# ãNÍhŠs)ø9$# 4 Ÿxsù (#qßJÎ=ôàs? £`ÍkŽÏù öNà6|¡àÿRr& 4 (#qè=ÏG»s%ur šúüÅ2ÎŽô³ßJø9$# Zp©ù!%x. $yJŸ2 öNä3tRqè=ÏG»s)ムZp©ù!$Ÿ2 4 (#þqßJn=÷æ$#ur ¨br& ©!$# yìtB tûüÉ)­GãKø9$# ÇÌÏÈ  

Yang artinya : “ Sesungguhnya jumlah bulan ketika Allah menciptakan langit dan bumi adalah 12 bulan,diantara bulan-bulan Haram itulah agama yang lurus,janganlah kalian mendzalimi diri kalian di bulan-bulan tersebut.(Q.S At-Taubah 36)
Empat bulan haram itu adalah Dzulqa’dah, Dzulhijjah,Muharram dan Rajab. Dan bulan dzulhijjah termasuk bulan haram,maka dari itu perbuatan dzalim yang dilakukan di bulan ini akan dilipat gandakan dosanya oleh Allah.
Maka demikian beberapa ibadah dan  amal sholeh  yang dikerjakan pada bulan ini akan dilipatkan gandakan oleh Allah bahkah pahalanya disetarakan dengan pahala jihad fisabilillah.
Itulah keistimewaan dari bulan dzulhijjah yang pertama termasuk salah satu diantara bulan haram yang dimulyakan
2)Keistimewaan yang kedua adalah. Sepuluh hari permulaan bulan dzulhijjah dimana ini merupakan hari-hari yang utama untuk beramal sholeh.
Allah berfirman dalam Q.S Al fajr ayat 1-2 :
̍ôfxÿø9$#ur ÇÊÈ   @A$us9ur 9Žô³tã ÇËÈ  
 artinya :” Demi waktu fajar dan demi sepuluh malam. Kebanyakan ulama tafsir berkata : bahwasanya yang dimaksud 10 malam yaitu 10 awal bulan dzulhijjah.
Hal ini diperkuan dengan sabda Rasulullah SAW :” Tidak ada hari-hari yang amalan shalih lebih dicintai oleh Allah kecuali 10 awal bulan dzulhijjah.
(HR.Al Bukhari )
Pada sepuluh hari awal bulan dzulhijjah ibadah yang dianjurkan adalah berpuasa,yakni dimulai pada tanggal 1-9 dzulhijjah apabila tidak bisa mulai tanggal 1 maka bisa pada tanggal 8 dan 9 dzulhijjah. Yakni puasa ‘arafah .Nabi SAW bersabda :” Barang siapa menjalankan puasa di hari Arafah maka akan di hapus dosa-dosanya selama 2 tahun, (1 tahun yang lalu dan 1 tahun yang akan datang ) (HR. Imam Muslim)
3) Ibadah utama atau keistimewaan amal yang ke tiga.....adalah bahwa didalam bulan dzulhijjah terdapat ibadah yang agung yakni berhaji ke baitullah.
Bagi orang yang sudah berhaji tentu akan merasakan betapa nikmat dan syahdunya ibadah ini,di saat wukuf, thawaf,melempar jumrah dan lain sebagainya. Sungguh akan terasa begitu dekatnya kita dengan Allah, tentu saja karena yang kita kunjungi adalah baitullah, rumahnya Allah, maka ibadah haji ini seakan-akan kita berada di hadapan Allah sebagai tamu-Nya itulah yang merupakan kenangan indah yang tidak akan mungkin dapat dilupakan, bahkan andaikan seorang muslim memiliki biaya yang cukup maka dia pastilah akan terus-terus berhasrat  untuk selalu berkunjung ke sana(Baitullah) .terkait dalam masalah biaya haji yang menurut sebagian ummat Islam adalah sangat berat maka Allah telah berjanji akan mengganti semua biayanya sebagaimana di sebutkan dalam hadits : “ balasan atas biaya yang dikeluarkan untuk melaksanakan ibadah haji sebanding dengan biaya yang dikeluarkan untuk perang dijalan Allah satu dirham senilai dengan tujuh ratus dirham ( HR.At-Thabari dan Anas bin Malik)
Dalam riwayat lain : “ Sesungguhnya engkau akan mendapat pahala yang sepadan dengan kepayahan dan besarnya biaya yang engkau keluarkan “ (HR.Al-Hakim)
Namun demikian ibadah haji termasuk ibadah yang sarat dengan nilai-nilai sosial, maka seyogyanya meskipun seseorang memiliki banyak biaya untuk berangkat ke baitullah, jika didekat rumahnnya banyak fakir miskin yang lebih membutuhkan bantuannya maka yang lebih utama adalah membantu orang lain yang lebih membutuhkan daripada menuruti keinginnnya dalam rangka mengobati rasa rindu untuk berkunjung ke baitullah, sehingga seorang muslim   harus ekstra hati hati terkait dengan urusan hati sehingga banyak amalan haji yang sia sia bahkan tidak diterima Allah . sehingga haji nya tidak mabrur. Sebagaimana diriwayatkan oleh ulama tabiin Abdullah bin Mubarrak.RA.
“ Abdullah bin Mubarrak adalah ulama yang selalu menyisihkan waktu dan uangnya untuk menunaikan ibadah haji. Pada suatu malam di saat beliau sedang menunaikan haji, beliau bermimpi bertemu dengan dua orang malaikat yang sedang berbincang-bincang ,berapa ribu jamaah haji tahun ini, ada sekitar 10 ribu jamaah haji tahun ini namun tidak ada satupun diantara mereka yang diterima ibadah hajinya oleh Allah. Kecuali satu orang yaitu seorang tukang sol sepatu di daerah baghdad. Kemudian Abdullah terbangun kemudian beristighfar. Maka Abdullah bin Mubarrak bertekad seselai ibadah haji akan mengunjungi tukang sol sepatu tersebut untuk mengetahui rahasia apa yang ia punya sehingga ibadah hajinya diterima Allah SWT.
Maka pergilah Abdullah bin Mubarrak ke baghdad dan bertamu ke rumah tukang sol sepatu, singkat cerita Abdullah bin Mubarrak menceritakan mimpinya terhadap beliau, sehingga tukang sol sepatu tadi kemudian menangis dan bercerita, bahwasanya sebenarnya dia tidak jadi berangkat haji tahun ini, keinginannya untuk beribadah haji sudah sangat lama terpendam hingga beliau menabung sedikit demi sedikit agar cukup biaya untuk beribadah haji, maka ketika keinginannnya yang seharusnya terwujud tahun ini namun Allah berkehendak lain yaitu pada suatu malam disaat istrinya yang tengah hamil mencium aroma masakan yang sangat menggoda selera sehingga meminta suaminya untuk sekedar meminta atau membelinya karena istrinya sangat ingin mencicipi masakan tersebut, maka pergilah tukang sol sepatu tersebut mencari sumber bau masakan tadi, dan ternyata sumber bau sedap masakan berasal dari gubuk seorang janda yang memiliki banyak anak, maka kata si janda bahwa masakan tersebut halal untuk dia tapi haram bagi tukang sol sepatu, dan menceritakan asal muasal dari makanan tersebut yakni berasal dari bangkai keledai yang ditemukannnya dipinggir jalan karena sudah beberapa hari tidak makan maka si janda memasak daging tersebut untuk diberikannya kepada putra-putrinya, maka alangkah sedihnya tukang sol sepatu melihat kondisi janda tersebut,kemudian dia segera pulang  dan memasak makanan halal bersama janda tersebut untuk diberikannya pada si janda dan putra-putrinya,bahkan uang yang tadinya hendak digunakan untuk biaya haji kemudian diberikannya kepada mereka untuk mencukupi kebutuhan mereka. Maka itulah rahasia diterimanya ibadah haji tukang sol sepatu tadi meskipun beliau tidak jadi berangkat haji tahun ini.
Selain ibadah yang agung ibadah haji merupakan rukun islam yang ke lima, sehingga seseorang yang sudah melakukan ibadah haji inilah maka sempurnalah islam seseorang.
4)Keistimewaan yang ke empat adalah  Bagi seseorang yang tidak menunaikan ibadah haji maka dia bisa melakukan ibadah puasa tgl 8 dan 9  dzulhijjah juga berkurban.
Puasa pada tanggal 8 dan 9 dzulhijjah akan menggugurkan dosa-dosa kita ditahun yang lalu dan tahun yang akan datang.
Sedangkan berkurban maka pahalanya akan dihitung sesuai jumlah bulu darai hewan yang kita kurbankan. Subhanallah...mengingat ibadah kurban merupakan suatu ibadah yang tidak hanya berdimensi vertikal dalam hubungan kita sebagai hamba terhadap khalik, yakni sang pencipta akan tetapi ibadah kurban juga memiliki dimensi sosial dimana jutaan kaum muslimin akan bersuka cita bersama dengan menikmati daging dari hewan yang kita kurbankan.
Dalam sebuah hadits disebutkan bahwasanya pahala ibadah kurban dihitung berdasarkan jumlah bulu hewan kurbannya.
Dan bagi orang yang tidak menunaikan ibadah haji pada bulan ini maka ibadah utamanya adalah berkurban. Terutama bagi yang mampu ibadah ini menjadi ibadah sunnah muakad karena keutamaannnya.
Namun demikian bahwasanya Allah tetap mengingatkan kepada kita dalam Q.S Al-Hajj ayat 37 :
`s9 tA$uZtƒ ©!$# $ygãBqçté: Ÿwur $ydät!$tBÏŠ `Å3»s9ur ã&è!$uZtƒ 3uqø)­G9$# öNä3ZÏB 4 y7Ï9ºxx. $ydt¤y ö/ä3s9 (#rçŽÉi9s3çGÏ9 ©!$# 4n?tã $tB ö/ä31yyd 3 ÎŽÅe³o0ur šúüÏZÅ¡ósßJø9$# ÇÌÐÈ  
 artinya :
“Tidak akan sampai kepada Allah darah dan tidak pula dagingnya,akan tetapi yang sampai kepada Allah adalah ketaqwaan di antara kalian.”
5)Keutamaan yang ke lima adalah ayyamul tasyrik.
Rasulullah menyebutkan bahwa hari-hari tasyrik adalah ayyamul aklin wa syurbin,hari makan dan minum, maka pada hari-hari ini hukum berpuasa adalah haram.
Namun demikian Allah menganjurkan untuk memperbanyak dzikir di hari tasyrik sebagaimana firman Allah dalam Q.S Al Baqarah ayat 203 :
* (#rãä.øŒ$#ur ©!$# þÎû 5Q$­ƒr& ;NºyŠrß÷è¨B 4 `yJsù Ÿ@¤fyès? Îû Èû÷ütBöqtƒ Ixsù zNøOÎ) Ïmøn=tã `tBur t¨zr's? Ixsù zNøOÎ) Ïmøn=tã 4 Ç`yJÏ9 4s+¨?$# 3 (#qà)¨?$#ur ©!$# (#þqßJn=ôã$#ur öNà6¯Rr& ÏmøŠs9Î) tbrçŽ|³øtéB ÇËÉÌÈ  
  artinya :
“Berdzikirlah kalian kepada Allah dihari-hari yang telah ditentukan (yaitu hari-hari tasyrik)
Maka inilah keistimewaan bulan dzulhijjah dimana begitu banyak amal sholeh yang terdapat dibulan ini yang sangat utama yang pahalannya sama dengan pahala jihad fi sabilillah, maka bagi muslim yang bertaqwa hendaknya mengisi dan berloma-lomba beramal yang akan membuat pahala kita dilipat gandakan. Dan jauhilah perbuatan dzalim atau maksiat karena tentu akan menjadikan dosapun akan digandakan.
Demikian beberapa keutamaan ibadah dibulan dzulhijjah semoga Allah memudahkan kita untuk bisa beramaliyah dan meraih kemuliyaan bulan ini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Muslim Yang Moderat

PENYULUH AGAMA SEBAGAI AGEN MODERASI

  PERAN PENYULUH AGAMA SEBAGAI AGEN MODERASI DALAM BINGKAI TOLERANSI DI TENGAH KERAGAMAN BANGSA INDONESIA Oleh : Ani Muzayaroh, S Ag   I. PENDAHULUAN A.LATAR BELAKANG Indonesia merupakan sebuah negara multietnis , terdri dari banyak pulau, ragam budaya dan bahasa, berbagai suku dan adat istiadatnya, bahkan agama yang dianut oleh masyarakatnya, sehingga perbedaan pandangan dan kepentingan merupakan hal yang biasa terjadi termasuk di dalamnya pemahaman agama bagi pemeluknya. Dalam hal ini negara memiliki peran penting untuk menjamin kebebasan dan keamanan bagi masyarakat untuk memeluk dan menjalankan agamanya sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan yang dianutnya, sebagaimana tercantum dalam UUD 1945 pasal 29 ayat 1 dan 2. Dalam masyarakat multikultural, interaksi sesama manusia cukup tinggi intensitasnya, sehingga kemampuan sosial warga masyarakat dalam berinteraksi antar manusia perlu dimiliki setiap anggota masyarakat. Kemampuan tersebut menurut Curtis, mencakup tiga wilay

self reminder